Wawancara di Indomaret

Untuk sobat sobat yang lagi butuh struktur-struktur laporan wawancara kaya gimana, bingung mau nulisnya gimana.. aku punya sedikit postingan nih buat kalian ^o^ simak ya sob.. jangan lupa join blogku~!


LAPORAN HASIL WAWANCARA

A.       Latar Belakang

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar dan sebagai mana mestinya.
Kegiatan wawancara ini merupakan salah satu tugas Bahasa Indonesia yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari narasumber. Kami telah mewawancarai 2 orang pegawai Indomaret di
Dengan terlaksananya kegiatan wawancara ini, maka kami berharap telah memenuhi tugas Bahasa Indonesia dan mendapatkan nilai yang baik. Serta bermamfaat bagi kami dan teman-teman.

B.       Maksud dan Tujuan

1.         Memenuhi tugas Bahasa Indonesia semester ganjil.
2.         Mendapatkan informasi langsung dari narasumber.

C.       Topik Wawancara

Supermarket terkemuka di Indonesia

D.       Waktu dan Tempat Kegiatan

Acara ini telah dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal  : Sabtu, 26 September 2015
Waktu              : 14.00 WIB s/d selesai.
Tempat            : Indomaret, Pulisen, Boyolali

E.       Narasumber

Mas Yudhi Nugroho (18 tahun) dan Mas Haryanto (23 tahun)

F.        Pewawancara

Dede Muhammad Nur Cahyo
Nava Alicia
Rudi Kurniawan
ShofiMaratush Sholichah

G.      Hasil Wawancara

a)        Dialog

Pada hari Sabtu, 26 September 2015 pukul 12.00 siang,  kami datang ke salah satu minimarket, yaitu Indomaret di daerah Pulisen, Boyolali. Disana, kami bertemu dengan 3 pegawai Indomaret. Satu diantara mereka menunggu kasir dan dua lainnya menata produk-produk yang dijual. Kami memutuskan untuk meminta ijin untuk mewawancarai 2 orang pegawai yang sedang menata produk-produk yang dijual. Mereka Mas Yudhi (18 tahun) yang tinggal di derah Tlatar, Boyolali dan Mas Hery (23 tahun) yang tinggal di Klaten. Selama proses wawancara berlangsung, Mas Yudhi dan Mas Hery selalu bersikap ramah dan menjawab pertanyaan kami dengan jelas.
Pewawancara = P/W
Mas Yudhi = Y
Mas Hery = H

P   : "Assalamu'ailaikum, maaf mengganggu sebentar. Kami siswa dari SMA Negeri 3 Boyolali, bolehkah kami mewawancari anda?"
H  : "Wa'alaikumsalam, iya boleh dik silakan. "
P   : "Siapa nama mas? "
H : "Nama saya Hery dik"
Y : "Kalau saya, Yudhi dik"
P   : "Mas Hery ini tinggalnya dimana? "
H : "Saya tinggalnya di Klaten dik. "
W : "Wah, jauh ya.. dari klaten ke boyolali laju atau ngekos di daerah sini mas? "
H  : "Kalau saya laju dik, jadi setiap berangkat ya dari klaten naik sepeda motor. Kalau pulang ya dari sini ke klaten naik sepeda motor lagi. "
W : "Oh, kalau mas Yudhi tinggalnya dimana? "
Y  : "Kalau saya sih deket-deket sini dik. Saya tinggal di daerah Tlatar. Dari rumah kesini juga naik motor."
W : "Sudah berapa lama mas kerja di Indomaret? "
H  : "Saya kerja di Indomaret sejak umur 21 tahun, jadi sekitar 2 tahunan. "
Y  : "Kalau saya, baru beberapa hari ini. Hari ini saja masih training. "
W : "Kalau disini, pembagian sif kerjanya itu gimana mas? "
H  : "Kalau disini, sif pagi dari 07.00 sampai jam 2. Kalau sif siangnya dari jam 2 sampai jam 10 malam. "
W : "Lalu, kalau sif malam gitu juga sampai pagi mas? "
H  : "Kalau yang sif malam itu dari jam 10 malam sampai jam 07.00 dik. Jadi, Indomaret itu ada 2 jenis dik. Ada yang 24 jam aja juga yang hanya sampai jam 10 malam. Nah kalo disini, cuma sampai jam 10 malam. "
W : "Biasanya, setiap 1 Indomaret itu punya berapa pegawai mas? "
H  : "Kalau Indomaret yang 24 jam pegawainya itu sekitar 12an. Kalau yang hanya sampai jam 10 malam gini biasanya 7orang sampai 12 orang dik. "
W : "Oh… per sif itu berapa orang mas yang jaga? "
H  : "Kalau per sif itu biasanya 3. "
W : "Kalau sif malam gitu, yang jaga di kasir satu orang atau berapa, Mas?'
H  : "Wah, kalau malam, yang jadi bisa 2-3 orang di kasir dik. Soalnya kalau cuma satu orang bisa kewalahan melayani pembeli"
W : "Suka dukanya kerja disini apa mas? "
H  : "Enaknya kalau disini itu nggak adatarget produk seperti di pabrik-pabrik. Kalau di pabrik kan perhari harus bisa menghasilkan 1000 produk gitu misalnya. Nah kalau di indomaret ini nggak. Kalau dukanya sih nggak ada dik. "
Y  : "Selain itu ruangannya juga ber-AC jadi dingin. "
W : "Kalau waktu sif malam gitu pernah ada hal-hal yang mengganggu mas? Seperti perampok atau hal-hal yang berbau mistis? "
Y  : "Wah belum ada dik"
W : "Wah Alhamdulillah ya… Kalausuara-suara apa gitu mas? "
Y  : "Waduh suara apa? Selamat pagi, selamat datang di Indomaret? Haha belum ada dik. "
W : "Oh iya mas, kenapa ya setiap masuk di Indomaret pasti pegawai di Indomaret selalu menyapa pembeli ketika masuk dengan salam seperti itu? Itu memang harus selalu diucapkan mas? "
Y  : "Oh kalau itu harus dik. Itu dari perusahaan. Jadi, “Selamat datang di Indomaret, selamat belanja.” Merupakan SOP atau Standar Operation Procedure yang harus dilakukan oleh seluruh pegawai di Indomaret kepada pembeli. "
W : "Oh begitu….. terus habis bayar belanjaan kok pasti ditawarin “isi pulsanya sekalian kak?” Itu juga prosedur mas? "
H  : "Kalau itu bagian dari promosi dik…"
W : "Mas, kenapa ya kalau di Indomaret harga produknya itu jauh lebih mahal dari supermarket biasa? "
H  : "Kalau itu karena produk-produk yang dijual di Indomaret itu datang langsung dari pabrik dik, jadi masih fresh masih baru. Sedangkan di swalayan lain enggak dik. "
W : "Oh iya mas, pegawai Indomaret kan terlihat selalu ramah. Apa memang itu tuntutan dan ada pelatihannya mas? "
Y  : "Ada. "
W : "Wah, ada? "
Y  : "Ada. Smile training namanya. Jadi sebelum resmi menjadi pegawai Indomaret. Ada pelatihan dulu selama 10 hari dan PKL 2 hari. Nah selama training itu diajarkan tentang pengenalan perusahaan dan bagaimana bersikap ramah dan melayani pembeli. Kalau untuk pemegang kasir diadakan training selama 14 hari. "
W : Ternyata memang serius sekali ya…. Jadi sebelum resmi bekerja disini harus mengikuti training dan PKL dulu? "
Y  : "Iya, seperti kuliah gitu dik. Ada trainingnya dan ada pkl juga. "
W : "Kalau tentang pengenalan perusahaan itu isinya apa aja mas? "
Y  : "Kaya perusahaan ini milik siapa, sejak kapan dibidang apa saja… gitu dik. "
W : "Mas, betul nggak sih kalau Indomaret ini perusahaan milik negara asing? "
Y  : "Salah dik. Indomaret itu resmi milik orang Indonesia. Salim. Salim Grup. Sama kaya yang punya Bank BCA dan Indosiar. "
W : "SubhanaAllah keren banget Bapak Salim. "
Y  : "Wahaha iya dik"
W : "Kalau Indomaret sendiri sudah didirikan sejak kapan mas? "
H  : "Sejak tahun 1988. Awalnya, indomaret ini Cuma kooperasi kecil yang sekarang sudah berkembang pesat sampai ke seluruh Indonesia. Nah, sebenarnya mulanya nama Indomaret adalah Indomart, tanpa e. Tapi tahun 2004 ketika presiden bu Megawati kan melarang penggunaan bahasa asing, jadi nama Indomart diganti dengan Indomaret ditambah e. "
W : "Oalah begitu ternyata… kalau yang membedakan Indomaret dengan minimarket atau supermarket yang lain apa mas? "
H  : "Dibandingkan dengan swalayan lain, saya rasa Indomaret ruangannya lebih dingin…."
Y  : "Di Indomaret juga ada Tv, sound system dengan kualitas terbaik dan pelayanannya juga ramah"
H  : "juga di Indomaret banyak dan sering mengasakan promo setiap bulannya. "
W : "Oh…. Oh iya, pernah ga mas pemilik atau barangkali manager toko melakukan datang kemari untuk mengecek kinerja pegawai? "
Y  : "Kalau itu, setiap hari. "
H  : "Jadi, setiap hari ada kunjungan dari atasan untuk mengecek kinerja pegawainya. Gitu dik…."
W : "Oalah… kalau tentang gaji mas? "
Y  : "Kalau gaji, tergantung dik. Pegawai Indomart itu kan ada 2 jenis. Ada pegawai kontrak dan pegawai tetap. Jadi, sebelum dia melamar dia milih dulu mau jadi pegawai tetap atau kontrak. Nah pegawaikontrak akan kerja sesuai pihak perusahaan menginginkannya sampai kapan, contohnya kaya saya kerja menjadi pehawai kontrak selama 1,5 tahun. Gajinya sekitar 1,4 juta. "
H  : "Kalau pegawai tetap, gajinya juga sekitar segitu. Tapi akan terus naik jabatan sesuai gimana kerjanya, jadi gajinya pun juga ikut naik dik. "
W : "Oh, kalau komisi gitu mas, ada? Kaya berhasil menjual produk yang sedang dipromosikan?"
Y  : "Kalau itu nggak ada dik. Meskipun berhasil menjual produk promosi sebanyak apapun, kita tidak mendapat komisi. "
W : "Nah kalau mau Hari Raya gini mas, dapat komisi? "
H  : "Kalau itu dapat dik. Hari Raya gitu 3 akan dapat komisi atau bonuslah dari perusahaan
W : "Kalau jumlahnya mas? Hehe"
H  : "Wah kalau itu nggak mesti dik. Juga setiap orang bisa beda-beda jumlahnya. Yaa tergantung kinerjanya juga. "
W : "Woalah begitu…. Saya kira sudah cukup banyak mas, hehe terimakasih banyaj atas waktunya…."
H  : "Iya sama-sama dik. "
Selesainya wawancara, kamis mengajak narasumber untuk berfoto dengan kami sebagai bukti otentik bahwa kami benar-benar telah melakukan wawancara dengan narasumber. Setelah itu, kami mengucapkan terimakasih kepada narasumber dan pamit pulang.

b)        Narasi

"Indomaret" Supermarket Terkemuka di Indonesia

Indomaret berdiri sejak tahun 1988. Awalnya, indomaret ini hanyalah sebuah koperasi kecil yang sekarang sudah berkembang pesat sampai ke seluruh Indonesia. Pada awalnya, nama Indomaret adalah Indomart (tanpa e). Namun pada tahun 2004 ketika Indonesia di bawah kepemimpinan Ibu Megawati, beliau melarang penggunaan bahasa asing dalam pemberian nama perusahaan, jadi nama Indomart diganti dengan Indomaret (dengan huruf e). Pemilik dari supermarket ternama ini adalah Salim Group, yang juga sebagai pemilik BCA dan Channel TV Indosiar.
Indomaret memiliki dua jenis supermarket, yaitu Indomaret biasa dan Indomaret 24 jam. Indomaret biasa buka dari jam 07.00 sampai dengan pukul 22.00 dengan pergantian sif pagi dan siang. Sif pagi dimulai jam 07.00-14.00 dan sif siang mulai dari pukul 14.00-22.00, sedangkan Indomaret 24 jam buka 24 jam dengan pergantian sif pagi, siang, dan malam. Sif pagi dimulai jam 07.00-14.00 , sif siang mulai dari pukul 14.00-22.00 , dan sif malam dimulai pukul 22.00-07.00. Indomaret 24 jam memiliki sekitar 12-13 pegawai, sedangkan Indomaret biasa memiliki 7-12 pegawai. Indomaret memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari ruangan yang ber-AC, terdapat TV dan sound system yang berkualitas tingga, sampai dengan pelayanan yang ramah dari pegawai Indomaret. Fasilitas tersebut memengaruhi harga barang-barang yang dijual di sana. Selain fasilitas tersebut yang memengaruhi harga, yang memengaruhi harga barang di Indomaret adalah setiap barang yang ada di Indomaret didatangkan langsung dari pabrik yang bersangkutan, sehingga barang yang dijual adalah barang yang masih fresh dan dalam kondisi yang baik untuk dijual.
Calon pegawai Indomaret yang hendak melamar pekerjaan di Indomaret, dihadapkan dengan dua pilihan, apakah akan memilih menjadi pegawai tetap atau pegawai kontrak. Jika pegawai kontrak, maka calon pegawai hanya akan dikontrak selama waktu yang dikehendaki dan tidak mengalami kenaikan pangkat. Sedangkan calon pegawai yang memilih menjadi pegawai tetap, calon pegawai tersebut akan terus bekerja untuk Indomaret dan mengalami kenaikan gaji dan pangkat. Sebelum menjadi pegawai yang sah, calon pegawai harus menjalani training selama 10 hari (bagi pramuniaga), 14 hari (bagi kasir) dan menjalani PKL selama 2 hari. Dalam pelatihan tersebut diajarkan cara-cara melayani pelanggan dengan sopan dan ramah, selain itu diajarkan pula prosedur-prosedur yang harus dilakukan selama bekerja di Indomaret. Setiap hari pun atasan dari pegawai Indomaret rutin mengunjungi pegawainya untuk melihat bagaimana kinerja pegawainya di lapangan.
Indomaret merupakan salah satu supermarket yang terkemuka di Indonesia, terbukti dengan tersebar luasnya Indomaret di seluruh daerah di Indonesia, pelayanan yang ramah, dan juga barang-barang yang terjaga kualitasnya. Sehingga, janganlah sungkan-sungkan untuk mampir untuk membeli barang-barang yang dijual di Indomaret

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Publisher's Raising (2)

Such a bullshit kemarin gue bilang kalo bakalan update di blog lagi. Akhirnya sampe setahun ga update juga. Yaudah lah ya, kali ini gue seri...

Popular